A.   Gambaran Umum

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Nusa Cendana, atau lebih dikenal dengan Pusat Bahasa Undana, merupakan salah satu unit penyokong universitas di bidang pelayanan dan pengembangan pembelajaran serta layanan kebahasaan. Unit ini juga menjadi salah satu unit penghasil pendapatan bagi institusi melalui kegiatan-kegiatan bisnis baik akademik maupun non akademik.

  1. Kegiatan bisnis yang bersifat akademik meliputi kegiatam bisnis yang dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan tri dharma universitas berupa pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan-kegiatan pendukung tridharma perguruan tinggi ini antara lain seperti pelatihan atau kursus Bahasa Inggris bagi mahasiswa, kegiatan kerjasama pelatihan Bahasa Inggris bagi masyarakat, dan pemanfaatan fasilitas aset berupa laboratorium bahasa untuk kegiatan penelitian dan pengabdian.
  2. Kegiatan bisnis non akademik meliputi kegiatan bisnis yang dalam pelaksanaannya dikenakan biaya sesuai dengan biaya tarif layanan yang telah ditentukan. Biaya dari kegiatan ini menjadi pendapatan PNBP UPT Bahasa melalui layanan yang disediakan antara lain seperti kursus Bahasa Inggris, tes kompetensi Bahasa Inggris (Und-EP tes, TOEFL Prediction tes dan TOEFL ITP tes), terjemahan dan interpreter, proof reading dan grammar checker.

 

B.   Visi, Misi, dan Tujuan

1. Visi

Menjadi pusat layanan bahasa yang professional dan kreatif dalam turut mendukung tridharma perguruan tinggi universitas yang berorientasi global.

2. Misi

  1. Mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dalam upaya menuju pencapaian visi sebagai universitas yang berorientasi global.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, pelatihan, bimbingan dan praktek kemahiran bahasa Inggris bagi mahasiswa untuk mendukung tercapainya kompetensi lulusan yang berkualitas.
  3. Meningkatkan penguasaan bahasa Inggris bagi tenaga pendidik dan administrasi dalam upaya untuk peningkatan profesionalisme dan jaringan kerjasama.
  4. Menyediakan layanan kegiatan pembelajaran, bimbingan, praktek dan pelatihan bahasa kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang bermutu dalam jaringan pergaulan dunia.
  5. Menyediakan layanan jasa kebahasaan untuk civitas akademika dan masyarakat umum dalam bentuk konsultasi, penerjemahan, interpreter, pemanduan wisata, proofreading, test kompetensi kebahasaan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  6. Melaksanakan penelitian dan pengembangan kebahasaaan baik secara linguistik murni (riset kebahasaan murni) maupun secara linguistik terapan (riset kebahasaan terapan).

3. Tujuan

  1. Menjadi sentra dan fasilitator bagi seluruh civitas akademika Universitas Nusa Cendana dalam meningkatkan kompetensi dan kemahiran kebahasaan.
  2. Menjadi sentra test kompetensi bahasa bagi mahasiswa untuk mengukur kualitas kompetensi lulusan universitas.
  3. Menjadi sentra layanan test kompetensi bahasa untuk masyarakat luas, khususnya masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur.
  4. Menjadi pusat data kebahasaan dan pengembangan ilmu kebahasaan yang terbuka untuk jaringan nasional  dan internasional dalam hal ilmu kebahasaan murni maupun ilmu kebahasaan terapan.

C.   Tugas Pokok dan Fungsi serta Struktur Organisasi

  • Tugas Pokok

UPT Pusat Bahasa mempunyai tugas melaksanakan pengembangan pembelajaran, peningkatan kemampuan, dan uji kemampuan bahasa.

  • Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas pokok diatas, UPT Pusat Bahasa mempunyai fungsi:

  1. pelaksanaan pengembangan pembelajaran bahasa
  2. pelaksanaan peningkatan kemampuan bahasa bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan
  3. pelayanan uji kemampuan bahasa bagi dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan
  4. pelaksanaan urusan tata usaha UPT
  5. penyusunan rencana, program, dan anggaran UPT
  6. Struktur Organisasi

UPT Pusat Bahasa merupakan unit pelaksana teknis yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor dan dikoordinasikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dengan dipimpin oleh seorang Kepala UPT.

Struktur organisasi UPT Pusat Bahasa Undana dapat dilihat pada Gambar Berikut:

Dari struktur organisasi diatas, tugas pokok dan fungsi masing-masing unsur sebagai berikut :

  • Kepala UPT Pusat Bahasa mempunyai tugas:
  1. Memimpin penyelenggaraan layanan pembelajaran bahasa untuk menunjang kegiatan tridharma
  2. Memimpin penyelenggaraan kegiatan penunjang akademik di lingkungan UPT
  3. Melakukan koordinasi dengan pihak eksternal dan internal terkait pengembangan pusat bahasa
  4. Mengusulkan pengangkatan dan/atau pemberhentian kasubag tata usaha dan staf administrasi dan fungsional kepada Rektor
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Rektor melalui Wakil Rektor Bidang Akademik dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Alumni
  • Subbagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan urusan administrasi terkait tata usaha dan rumah tangga UPT Pusat Bahasa.
  • Kelompok tenaga akademik terdiri atas sejumlah tenaga akademik fungsional dibidang kebahasaan yang bertugas untuk melaksanakan kegiatan yang terkiat dengan layanan kebahasaan