VISI

Menjadi pusat layanan bahasa yang professional dan kreatif dalam turut mendukung tridharma perguruan tinggi universitas yang berorientasi global.

MISI

  1. Mendukung pelaksanaan tridharma perguruan tinggi dalam upaya menuju pencapaian visi sebagai universitas yang berorientasi global.
  2. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, pelatihan, bimbingan dan praktek kemahiran bahasa Inggris bagi mahasiswa untuk mendukung tercapainya kompetensi lulusan yang berkualitas.
  3. Meningkatkan penguasaan bahasa Inggris bagi tenaga pendidik dan administrasi dalam upaya untuk peningkatan profesionalisme dan jaringan kerjasama.
  4. Menyediakan layanan kegiatan pembelajaran, bimbingan, praktek dan pelatihan bahasa kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang bermutu dalam jaringan pergaulan dunia.
  5. Menyediakan layanan jasa kebahasaan untuk civitas akademika dan masyarakat umum dalam bentuk konsultasi, penerjemahan, interpreter, pemanduan wisata, proofreading, test kompetensi kebahasaan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  6. Melaksanakan penelitian dan pengembangan kebahasaaan baik secara linguistik murni (riset kebahasaan murni) maupun secara linguistik terapan (riset kebahasaan terapan).
  7. Mempublikasikan hasil-hasil riset kebahasaan murni dan terapan untuk kebutuhan akademik maupun non-akademik.

Sasaran Strategis

Untuk mewujudkan visi dan misi diatas, maka UPT Pusat Bahasa melaksanakan sasaran strategis yang telah ditetapkan dalam renstra universitas sebagai berikut:

Sasaran Strategis Indikator Kinerja Kegiatan
Sasaran 1: Meningkatnya kualitas pembelajaran dan kemahasiswaan Persentase Mahasiswa memiliki kemampuan Bahasa Inggris (EPT ≥ 500) (***) Kursus persiapan TOEFL bagi mahasiswa PPs
Sasaran 2:

Meningkatnya relevansi, kualitas, dan kuantitas sumber daya

Persentase Tenaga Kependidikan mengikuti pendidikan dan pelatihan (****) Pelatihan bagi tenaga kependidikan
Sasaran 3:

Meningkatnya kualitas kelembagaan

Jumlah kerjasama Akademik dan non akademik (**) ELTA, Tes TOEFL ITP, Kegiatan VIELSU dan Pelatihan Bahasa Inggris Bappenas
Sasaran 4:

Terwujudnya tata kelola yang baik

Jumlah pendapatan unit yang berasal dari pengelolaan aset (*) ELTA, JST, Terjemahan, Kursus Persiapan TOEFL, tes TOEFL ITP, Und-EP Test bagi mahasiswa baru, mahasiswa on-going dan Umum)

Perjanjian Kerja (PK) 2019

Tujuan khusus ditetapkan perjanjian kinerja antara lain: meningkatkan akuntabilitas; transparansi dan kinerja aparatur; sebagai wujud nyata komitmen antara penerima amanah dengan pemberi amanah; sebagai dasar penilaian keberhasilan/kegagalan pencapaian tujuan dan sasaran organisasi; menciptakan tolak ukur kinerja sebagai dasar evaluasi kinerja aparatur; dan sebagai dasar pemberian reward atau penghargaan dan sanksi.

UPT Pusat Bahasa telah menetapkan perjanjian kinerja tahun 2019 dan ini merupakan tolok ukur evaluasi akuntabilitas kinerja pada tahun 2019

Sasaran Strategis Indikator Kinerja Target
Sasaran 1: Meningkatnya kualitas pembelajaran dan kemahasiswaan Persentase Mahasiswa memiliki kemampuan Bahasa Inggris (EPT ≥ 500) (***) 20%
Sasaran 2:

Meningkatnya relevansi, kualitas, dan kuantitas sumber daya

Persentase Tenaga Kependidikan mengikuti pendidikan dan pelatihan (****) 20%
Sasaran 3:

Meningkatnya kualitas kelembagaan

Jumlah kerjasama Akademik dan non akademik (**) 3
Sasaran 4:

Terwujudnya tata kelola yang baik

Jumlah pendapatan unit yang berasal dari pengelolaan aset (*) 1,5 M